Masalah Lengkap OPPO F5 dan Cara Mengatasinya

Masalah OPPO F5 dan Cara Mengatasinya -- Oppo merilis penerus baru model tahun lalu Oppo F3 yang disebut Oppo F5. Perangkat ini dilengkapi dengan display nyaris tanpa bezel yang membawa desain eye-catching dan memindahkan sidik jari ke belakang. Sama seperti banyak smartphone baru, Oppo juga dilengkapi display dengan rasio 18: 9. Di sini admin akan berbagi Masalah Oppo F5 yang Paling Umum dan Cara Memperbaikinya. Masalah OPPO F5 yang akan dibahas kali ini adalah masalah WiFi, Bluetooth, Camera, SD, SIM, dan Lainnya.

Masalah OPPO F5 dan Cara Mengatasinya


Berbicara tentang spesifikasi, Oppo F5 dilengkapi layar LCD LTPS IPS 6 inci dengan resolusi layar 1080 x 2160 piksel. Hal ini didukung oleh prosesor Octa-core Helio P23 Mediatek MT6763T ditambah dengan varian RAM sebesar 4 GB atau 6 GB. Ponsel ini mengemas memori internal 32 GB / 64GB dan diperluas hingga 256GB via kartu microSD. Kamera di Oppo F5 hadir dengan sensor kamera belakang 16 MP untuk mengambil gambar cantik dan kamera pemotret depan 20MP. Oppo F5 berjalan di Android 7.1 Nougat. Ini juga memiliki sensor Fingerprint yang terpasang di bagian belakang. Ponsel ini didukung baterai 3200mAh. Baca juga: Cara Master Format Xiaomi Redmi 5A.

Masalah Umum Oppo F5 dan Solusi / Perbaikan Bug OPPO F5

Sama seperti setiap Smartphone atau tablet lainnya, Oppo F5 juga memiliki kekurangan juga. Di sini, admin telah mengumpulkan semua masalah umum di Oppo F5 yang mungkin dihadapi pengguna. Admin juga memberikan semua solusi bagaimana Anda bisa memecahkan masalah atau memecahkan masalah Anda sendiri. Di sini Admin akan menyelesaikan masalah pada Oppo F5 seperti kecerahan, kinerja, masalah aplikasi tiba-tiba berhenti, masalah Overheating, Battery Charging, Mobile Data, Wi-Fi dan Bluetooth Connectivity. Masalah yang paling umum dari Oppo F5 dan solusi serta perbaikan bug mereka akan admin bahas di bawah ini.

Disclaimer:
Hanya beberapa pengguna Oppo F5 yang mengalami satu atau lebih masalah. Sebagian besar handset sama sekali tidak memiliki masalah. Jika Anda membeli Oppo F5, Anda mungkin tidak menghadapi masalah sama sekali.

Masalah Kinerja (Reboot Acak, Stutter atau Lag, Baterai Cepat Habis)

Ada masalah seperti masalah kinerja dengan perangkat Oppo F5 dan kami selalu mencari web untuk Cara memperbaiki masalah ini di Oppo F5. Ini berlaku untuk reboot berulang-ulang dan secara acak. Ada juga masalah gagap dan lag. Terkadang ada pengeringan baterai yang cepat meski ponsel ini tidak digunakan.

Solusi

  • Unduh aplikasi Greenify dari Google Play Store. Ini mencantumkan aplikasi yang aktif saat membangunkan telepon. Kemudian Anda dapat mengubah pengaturan untuk aplikasi ini. Ini akan mengurangi perlambatan. 
  • Mungkin ada aplikasi nakal yang bisa menjadi penyebab kinerja buruk. Boot perangkat ke Safe Mode. Jika masalah berlanjut, Anda hapus beberapa aplikasi terakhir yang mungkin telah Anda pasang sebelum masalah dimulai. Yang terakhir adalah melakukan factory reset. Tapi apakah reset pengaturan pabrik hanya jika diperlukan karena Anda akan kehilangan semua data Anda. 

Masalah Overheating dan Battery Drain (Baterai Cepat Panas dan Boros)

Jika Anda menyukai game maka kita tahu bahwa saat ini sebagian besar smartphone hadir dengan dukungan game 1K, 2K. Seperti yang terjadi, Oppo F5 mungkin terlalu panas atau menguras baterai jika kita melakukan streaming video online atau bermain game untuk waktu yang lama. Kita semua sudah tahu bahwa sebagian besar pengguna akhir-akhir ini menggunakan smartphone terbaik untuk bermain game video berkinerja tinggi atau streaming video online dengan resolusi tinggi. Penggunaan smartphone semacam itu menyebabkan masalah overheating dan battery drain pada perangkat ini.

Mari kita bahas bagaimana memperbaiki masalah tersebut di Smartphone Oppo F5.

Solusi:

  • Jangan gunakan ponsel cerdas saat dicharge. 
  • Jika Anda streaming video dengan resolusi tinggi di saluran seperti youtube, Anda dapat menurunkan resolusi yang bisa mengatasi masalah baterai cepat panas. 
  • Oppo Smartphone dilengkapi dengan aplikasi yang sudah terpasang, pengguna dapat mencopot pemasangannya jika tidak digunakan. 
  • Anda bisa masuk ke pengaturan> baterai dan penggunaan baterai untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan baterai lebih banyak dan mencopot pemasangan aplikasi tertentu itu. 
  • Anda dapat membatasi jumlah game yang telah Anda pasang atau mainkan di Oppo F5. 
  • Setelah menguninstall aplikasi yang tidak perlu dari Oppo F5, pengguna dapat melakukan Factory reset. 

Masalah Kecerahan di Oppo F5

Jika Anda memiliki OPPO F5 lalu ternyata tiba-tiba kecerahan layar menurun. Maka Anda segera mencari solusi mengatasi kecerahan layar OPPO F5 tersebut. Misalkan saja Anda memutar video di Oppo F5, kecerahan layar secara otomatis tiba-tiba berubah menjadi level terendah. Apa yang harus Anda lakukan?

Apakah Anda pernah menghadapi situasi seperti itu? Nah, jangan khawatir, Disini saya akan membimbing Anda bagaimana mengatasi situasi yang berkaitan dengan kecerahan pada Oppo F5. Kita bisa mengatasi kecerahan rendah dengan beberapa solusi sederhana

Solusi:

Masalah brightness pada Oppo F5 ini bisa diperbaiki dengan bantuan aplikasi. Jika Anda memiliki OTA terbaru, maka tingkatkan dan lihat apakah masalah kecerahan telah terpecahkan. Jika Anda masih melihat masalah kecerahan. Solusi permanen akan segera tersedia. Sementara itu, Anda dapat mendownload aplikasi Lux Auto Brightness dari Google Play Store. Ini adalah salah satu alat terbaik yang membantu mengendalikan fitur kecerahan. Untungnya, ada versi gratisan juga tersedia.

Kualitas Buruk Kamera Depan

Yah, tidak semua orang. Beberapa Pengguna tidak puas dengan performa dan solusi cahaya rendah dari kamera depan Oppo F5. Untuk mendapatkan gambar terbaik, cari langkah di bawah ini, meski Anda tidak bisa melawan kendala hardware.

Solusi:

  • Saat memotret, pastikan Anda memiliki cukup cahaya di area itu. Itu berarti Anda harus memposisikan diri Anda dalam area yang lebih terang untuk memiliki gambaran yang bagus. 
  • Lampu yang tidak baik berarti tidak menembus sensor, karena aperture kecil pada kamera smartphone. Karena itu, kita mendapatkan gambar buram karena lowlight photography.

Kartu SD Tidak Terdeteksi

Salah satu masalah Oppo F5 yang diperhatikan adalah setelah memasukkan SD Card ke dalam tempatnya, terkadang bahkan tidak terdeteksi, diklaim oleh pengguna. Jika Anda telah memasukkan kartu SD ke dalam slot dan masih belum terdeteksi, Anda dapat mencoba Solusi Oppo F5 berikut.

Solusi:

  • Pertama, masukkan kartu SD lagi setelah me-restart Oppo F5 Anda. 
  • Coba masukkan kartu SD Anda ke smartphone lain atau gunakan pembaca kartu untuk memasukkannya ke PC Anda dan Pastikan kartu SD Anda berfungsi dengan baik. 
  • Cobalah untuk memformat kartu SD di komputer terlebih dahulu dan kemudian memasukkannya ke Oppo F5. 
  • Jika ini tidak berhasil, coba gunakan kartu microSD lain. 
  • Jika masalah masih muncul, bawa ponsel cerdas Anda ke pusat servis karena mungkin ada yang salah dengan slot kartu microSD.

Tidak Dapat Mengeluarkan Baki SIM

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengeluarkan baki SIM dari ponsel cerdas mereka. Ada beberapa alasan mengapa hal itu terjadi. Jika Anda tidak dapat mengeluarkan nampan SIM, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Solusi:

  • Pastikan Anda menggunakan alat baki SIM yang disertakan dengan Oppo F5. Di dalam kotak yang sama, smartphone dikirim tergantung pada wilayahnya, mungkin ada dalam amplop kardus. 
  • Jika Anda tidak memiliki alat pembuka baki SIM, Anda bahkan dapat menggunakan penjepit kertas untuk mengeluarkan baki dari perumahan smartphone. 
  • Jangan mencoba membongkar nampan; Jika tidak, Anda akan merusaknya secara permanen. Satu-satunya cara untuk mengeluarkannya adalah dengan meletakkan alat itu ke dalam slot kecil yang ada di sampingnya. 
  • Jika baki masih belum keluar, Anda harus membawa ponsel cerdas Anda ke teknisi Oppo bersertifikat.

Layar Sentuh Tidak Responsif

Banyak pengguna telah melaporkan ketidaktepatan layar sentuh. Masalah ini bisa ditangani dengan mudah. Baca di sini dan temukan solusi Oppo F5. Untuk memperbaiki masalah Oppo F5 yang terhubung ke layar sentuh, ikuti petunjuk di bawah ini:

Solusi:

  • Cobalah untuk me-restart Oppo F5 Anda dan periksa apakah masalah sudah terpecahkan. 
  • Pastikan tangan Anda bersih dan tidak basah. 
  • Pastikan layar benar-benar bersih dan tidak ada partikel minyak atau debu. 
  • Mungkin ada masalah perangkat lunak dalam beberapa kasus dan layar sentuh tidak dapat melakukan tugasnya. 
  • Coba atur ulang pilihan pabrik Anda, jika tidak ada yang berhasil.
Semua masalah yang sering terjadi di Oppo F5 dan bagaimana memperbaikinya telah dibahas secara rinci di atas. Ini adalah masalah kecil dan seharusnya tidak mencegah Anda membeli telepon yang bagus. Hampir semua masalah ini terkait dengan perangkat lunak. Masalah umum di Oppo F5 membuat pelanggan tidak senang. Oleh karena itu, Oppo F5 terus mengirimkan pembaruan untuk membantu masalah ini. Pastikan Anda selalu menginstal versi terbaru dan nikmati telepon baru Anda.

Demikianlah paparan admin mengenai masalah OPPO F5 dan Cara Mengatasinya. Sekian dan semoga bermanfaat. Baca juga: Tips dan Trik Fitur Tersembunyi OPPO R11 dan R11 Plus.