Cara Menghapus Grup Whatsapp Agar Ruang Penyimpanan Terasa Longgar

Cara Menghapus Grup Whatsapp -- Admin telah menyanyikan puji-pujian kepada WhatsApp di situs ini sebelumnya. Meskipun kurang populer di seluruh Amerika Serikat dan Kanada, di mana adegan perpesanan didominasi oleh iMessage dan Facebook Messenger, klien pesan WhatsApp sendiri yang juga kebetulan dimiliki oleh Facebook adalah alat yang hebat yang mampu mereplikasi kesederhanaan SMS dan pesan teks sekaligus memungkinkan teknologi yang lebih maju seperti tanda terima telah dibaca, pesan grup lanjutan, dan pemberitahuan pengetikan untuk memberi tahu teman Anda saat seseorang mengetik untuk meresponsnya. Kemajuan ini disambut oleh pengguna WhatsApp di seluruh dunia, terutama di seluruh Eropa, Amerika Selatan, dan Afrika, bahkan di Indonesia sendiri di mana popularitas klien pesan instan telah mendorong basis penggunanya ke lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Dan karena WhatsApp memiliki klien untuk Android, iOS, dan web, ini jauh lebih mudah diakses daripada aplikasi lain seperti iMessage.

Cara Menghapus Grup Whatsapp

Hal ini membuat aplikasi WhatsApp sangat bermanfaat untuk memberi pesan kepada teman dan keluarga Anda di seluruh dunia tanpa harus membayar paket SMS selain data Anda. Salah satu penambahan terbaik untuk WhatsApp adalah alat perpesanan grup yang hebat, yang memudahkan pengiriman pesan kepada teman Anda sekaligus jadi Anda masih bisa menyambung benang yang terpisah terhadap teman Anda yang jauh. Namun kadang kala, ada saatnya dalam setiap kehidupan pengguna WhatsApp haru menghapus semua pesan grup. Apakah ini karena kelompok teman Anda tumbuh terpisah, atau karena Anda menggunakan WhatsApp untuk proyek kelas bisnis atau karena data whatsapp yang masuk sudah begitu menyesakkan memori ponsel Anda, masuk akal untuk menghapus dan membubarkan kelompok yang sudah tidak diperlukan lagi. Baca juga: Cara Mengirim Pesan Kepada Seseorang Yang Memblokir Anda di Whatsapp.

Tapi jika Anda belum pernah menghapus pesan grup whatsapp sebelumnya, WhatsApp tidak segera menjelaskan bagaimana hal itu dilakukan. Tidak seperti di thread SMS, di mana menghapus pesan grup cukup menghapus pesan dari telepon Anda, menghapus pesan grup dari WhatsApp juga akan menghapus grup dan pesan yang terkait dari server WhatsApp. Untuk alasan ini, tidak semua orang dalam pesan kelompok dapat menghapus pesan di akhir mereka; Jika tidak, Anda akan membuat orang terus-menerus menghapus konten yang tidak dimaksudkan untuk dihapus oleh anggota grup lainnya. Itu tidak berarti bahwa sebuah kelompok tidak bisa dihapus, tentu saja. Mari kita lihat cara menghapus obrolan grup di dalam grup WhatsApp.

Apa itu Admin Grup Whatsapp?

Setiap kelompok di WhatsApp memiliki "admin grup". Orang ini sedikit berbeda dari anggota chat grup lainnya. Untuk satu hal, mereka biasanya adalah orang pertama memulai obrolan grup, yang berarti mereka menambahkan anggota lain ke obrolan grup whatsapp. Admin di dalam WhatsApp dapat menambahkan atau menendang anggota dari grup kapan saja, sehingga memudahkan mereka mengelola diskusi dan dialog yang terjadi pada waktu tertentu. Hal ini memudahkan untuk mengelola diskusi umum kelompok chat, dan juga memudahkan untuk menjaga agar tetap berjalan lancar tanpa terlalu terganggu. Admin grup dapat menetapkan admin tambahan sesuai keinginan mereka, meskipun tidak disarankan untuk membuat setiap anggota grup menjadi satu admin. Jika tidak, Anda mungkin mempertaruhkan penyalahgunaan daya secara keseluruhan dari anggota dalam kelompok, terutama saat obrolan mulai menumbuhkan populasi besar. Yang mengatakan, sebuah kelompok dapat memiliki jumlah peserta yang tidak terbatas menjadi admin grup, jadi jika Anda memiliki empat orang dalam obrolan dan Anda ingin mereka semua memiliki kemampuan untuk menambah atau menghapus orang, keempat pengguna tersebut dapat menjadi anggota admin. Admin juga memiliki kekuatan untuk mengundang anggota baru ke grup melalui tautan.

Meskipun ada peserta yang dapat keluar dari obrolan grup whatsapp, hanya admin obrolan grup yang dapat menghapus keseluruhan obrolan grup whatsapp. Jadi, jika Anda benar-benar anggota grup ngobrol, Anda tidak dapat menghapus grup tersebut. Untungnya, keluar dari obrolan grup whatsapp bekerja hampir sama dengan menghapus obrolan grup whatsapp, hanya tanpa benar-benar membuat percakapan tidak dapat berlanjut tanpamu. Jika Anda tertarik untuk keluar dari obrolan grup whatsapp dan melihat apa yang dimaksud, admin memiliki artikel terpisah tentang perbedaan antara keluar dan menghapus obrolan berkelompok di WhatsApp.

Jika Anda adalah admin grup di dalam WhatsApp, Anda benar-benar dapat menghapus obrolan berkelompok, meskipun menghapus obrolan tidak hanya akan membuat percakapan hilang untuk Anda, tapi juga untuk semua orang yang terlibat. Mengingat obrolan WhatsApp bisa menampung hingga 256 peserta, ini bisa menjadi bencana bagi percakapan yang terjadi pada waktu tertentu, jadi sebelum Anda menghapus obrolan grup whatsapp yang berisi beberapa ratus anggota, pertimbangkan apa yang menjadi kepentingan kelompok tersebut dan dialognya di tangan Anda. Ide yang lebih baik lagi adalah berkonsultasi dengan anggota admin kelompok lainnya, juga peserta kelompok tersebut, untuk mendiskusikan penghapusan kelompok dari WhatsApp sama sekali.

Cara Menghapus Grup Whatsapp dengan Cepat dan Mudah

Begitu Anda sampai pada kesepakatan untuk menghapus sebuah kelompok di dalam WhatsApp - dengan asumsi Anda adalah admin grupnya - Anda harus memulai proses panjang untuk menendang anggota kelompok dari obrolan tersebut. Tidak seperti aplikasi lain, chat di dalam WhatsApp hanya bisa dihapus begitu kosong dari anggota. Bergantung pada ukuran kelompok, ini mungkin memerlukan beberapa komitmen waktu yang serius. Untuk menghapus anggota dari grup, masukkan obrolan grup di dalam WhatsApp, ketuk subjek grup di bagian atas tampilan Anda, lalu ketuk dan tahan peserta yang ingin Anda hapus dari grup. Ini akan membuka prompt pada tampilan Anda untuk opsi bagi peserta grup. Ketuk pada "Remove [name]" dari menu pada layar Anda. Anda harus melakukannya secara manual untuk setiap anggota, yang bisa memakan waktu beberapa kelompok tergantung pada ukuran dan kapasitasnya.

Setelah Anda menghapus setiap anggota dari grup, Anda sendiri harus keluar dari grup. Dari tab Chatting di instance WhatsApp Anda, temukan obrolan kelompok yang ingin Anda hapus secara permanen, lalu ketuk dan tahan nama obrolan grup (di iOS, Anda akan menggesek, tidak menekan lama), pilih menu ikon (di Android), dan pilih "Exit Group." Setelah pilihan Anda, jika Anda adalah satu-satunya anggota grup yang tersisa, Anda akan melihat opsi untuk menghapus obrolan grup. Ketuk ikon hapus untuk menghapus grup, hapus obrolan secara permanen dari perangkat Anda dan dari WhatsApp secara keseluruhan.

Cara Menghapus Obrolan Grup Whatsapp Tanpa Status Menjadi Admin

Sementara ini, satu-satunya cara untuk menghapus grup WhatsApp adalah Anda harus menjadi admin grup dan untuk menghapus semua anggota dari grup, Anda dapat menghapus log sebenarnya dari ponsel Anda meskipun Anda hanya peserta dan bukan admin grup whatsapp. Pada dasarnya, saat obrolan grup akan berlanjut tanpa Anda dalam grup, Anda dapat meninggalkan grup dan menghapus obrolan-obrolan sebenarnya dari telepon Anda, yang pada dasarnya "menghapus" perangkat Anda tanpa harus menghapus yang sebenarnya.

Meskipun peserta di dalam obrolan kelompok tidak memiliki cukup banyak kekuatan seperti admin grup, mereka masih memiliki pilihan untuk meninggalkan obrolan yang tidak mereka inginkan kapan saja. Demikian juga, meninggalkan obrolan grup whatsapp akan memberi Anda pilihan untuk menghapus log obrolan penuh dari akun WhatsApp Anda, pada dasarnya membuatnya sehingga Anda tidak pernah menjadi anggota grup untuk memulai. Untuk melakukan ini, buka antarmuka obrolan di dalam WhatsApp dan temukan grup yang ingin Anda tinggalkan. Di Android, tekan dan tahan untaian, dan di iOS, gesek jari Anda di sepanjang sisi untaian untuk membuka antarmuka. Ketuk "Menu" di versi Android aplikasi, dan "Lainnya" di iOS, lalu pilih "Keluar dari Grup". Meskipun Anda akan meninggalkan grup, Anda tetap perlu menghapus obrolan dari telepon Anda. Untuk melakukan ini, tekan dan tahan atau gesek jari Anda di atas grup Anda lagi, seperti yang Anda lakukan sebelumnya. Pilih kembali "Menu" atau "Lainnya" lalu pilih "Delete Group," diikuti dengan konfirmasi "Delete Group." Ini tidak akan benar-benar menghapus obrolan berkelompok dari yang ada, namun akan menghapus log chat dari perangkat Anda.

Demikianlah paparan singkat mengenai cara menghapus grup whatsapp agar ruang penyimpanan terasa longgar. Sekian. Baca juga: Cara Berbagi Status Musik Chat Whatsapp.