Cara Menggunakan Picture-in-Picture Mode di WhatsApp untuk Video Calling

Cara Menggunakan Picture-in-Picture Mode di WhatsApp untuk Video Calling -- Facebook selaku pemilik aplikasi pesan instan yaitu WhatsApp yang kini telah meluncurkan beberapa fitur dalam beberapa bulan terakhir. Konon fitur baru whatsapp ini diambil atau mengkloning dari Fitur Snapchat Stories. Namun, fitur terbaru yang diluncurkan perusahaan adalah Mode Picture-in-Picture (PiP) untuk Video Call di Whatsapp.

Cara Menggunakan Picture-in-Picture Mode di WhatsApp untuk Video Calling

Mode Picture-in-Picture adalah fitur asli Android 8.0 Oreo yang dirilis oleh Google pada bulan Agustus. Dan, dengan Mode Picture-in-Picture untuk Video Call di WhatsApp, pengguna sekarang dapat melakukan hal yang berbeda seperti mengobrol dengan teman atau berbelanja di Amazon sambil melakukan video call dengan kontak WhatsApp mereka. Belum mencobanya?! Nah, admin tunjukkan cara menggunakan mode Picture-in-Picture Mode untuk video call di WhatsApp di artikel ini. Semoga Anda bisa mengikutinya. Baca juga: Cara Mengembalikan Pesan Whatsapp Yang Terhapus di Android.

Begini Cara Menggunakan Mode Picture-in-Picture untuk Video Call di Whatsapp Android

Untuk lebih jelas bagaimana cara memakai mode picture-in-picture di Whatsapp dapat diikuti sesuai dengan petunjuk dibawah ini.

Langkah 1: Buka WhatsApp dan pergi ke obrolan mapapun. Setelah itu, ketuk ikon Kamera yang terletak di bagian atas untuk memulai video call lalu ketuk pada Call saat meminta konfirmasi.

Langkah 2: Setelah panggilan video tersambung, ketuk tombol sekali dan layar video call akan menyusut ke jendela mengambang persegi panjang kecil dan Anda akan melihat obrolan dengan kontak WhatsApp Anda saat Anda melakukan video call.

Anda dapat dengan mudah memindahkan jendela apung itu di layar. Dengan mode picture-in-picture video calling di WhatsApp, Anda dapat dengan mudah melakukan tugas lain saat melakukan video call dengan teman WhatsApp Anda seperti berbelanja atau yang lainnya. Bahkan saat ada aplikasi lain yang terbuka, Anda bisa melihat teman Anda melalui jendela apung kecil itu.

Jika Anda ingin kembali ke panggilan video layar penuh, Anda hanya perlu mengetuk jendela yang mengambang dan kemudian menyentuh ikon layar penuh. Jika Anda ingin menutupnya, Anda cukup menekan ikon 'X' yang terletak di pojok kanan atas jendela mengambang itu. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menyeretnya ke bawah layar untuk menolaknya dan kembali ke WhatsApp untuk melanjutkan panggilan video di layar penuh, atau Anda cukup menekan opsi "Panggilan video yang sedang berjalan" yang muncul di bayangan pemberitahuan.

Admin harap Anda dapat menggunakan mode Picture-in-Picture di WhatsApp untuk video call setelah membaca artikel ini. Jika Anda tidak mampu melakukannya, maka itu mungkin karena smartphone Anda tidak menjalankan Android 8.0 Oreo. Ya, suka atau tidak, tapi fitur ini hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp yang memiliki smartphone yang menjalankan Android Oreo.

Sekian saja untuk panduan kali ini bagaimana cara menggunakan mode PIP di Whatsapp untuk Video Call. Semoga saja Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik dan benar asal Anda sudah menggunakan Android 8.0 Oreo. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Mengirim Pesan Suara di Whatsapp dengan OK Google.