Live Location Whatsapp Telah Dirilis, Berikut Cara Menggunakan Live Location di Whatsapp

Cara Berbagi Menggunakan Live Location di Whatsapp Secara Real Time -- WhatsApp sebuah layanan pesan milik Facebook yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna telah baru saja merilis fitur baru yaitu berbagi live location / lokasi langsung. WhatsApp tentu saja sudah memberi Anda pilihan untuk berbagi lokasi Anda saat ini dengan pengguna lain. Perbedaan utama dengan berbagi lokasi langsung adalah fitur ini bersifat dinamis dan memperbarui lokasi Anda secara real time, bahkan saat WhatsApp berjalan di latar belakang aplikasi.

Cara Berbagi Menggunakan Live Location di Whatsapp Secara Real Time

Fitur Lokasi langsung / Live Location adalah cara untuk berbagi lokasi Anda dalam obrolan dan para peserta obrolan itu kemudian dapat melihat lokasi real-time Anda saat update di map. Sifatnya hanya jangka pendek dan durasinya terbatas. Lokasi Anda dibagikan di tingkat obrolan, yang berarti Anda dapat berbagi lokasi langsung Anda dalam percakapan WhatsApp secara pribadi atau dalam obrolan grup whatsapp. Baca juga: Cara Merekam Panggilan Suara di Whatsapp dengan Android/iPhone.

Bagaimana Cara Berbagi Menggunakan Live Location di Whatsapp Secara Real Time?

Saat Anda mencoba berbagi lokasi langsung Anda dalam obrolan WhatsApp dengan cara mengetuk ikon Lampiran di Android atau ikon Plus di iPhone, Anda akan diminta untuk memilih durasi waktu pembagian lokasi langsung akan aktif. Anda hanya dapat memilih salah satu opsi yang telah ditetapkan - 15 menit, 1 jam (default), dan 8 jam - dan, opsional, tambahkan komentar. Jangka waktu ini telah dipilih berdasarkan skenario umum di mana orang paling mungkin menggunakan sharing lokasi langsung WhatsApp. Pengguna tetap dapat memilih untuk berbagi satu kali lokasi statis jika mereka mau.

Anda dapat secara manual menghentikan berbagi data lokasi langsung dalam obrolan pada waktu tertentu. Opsi baru di Setelan Privasi Akun akan memberi gambaran tentang semua obrolan WhatsApp yang Anda gunakan untuk berbagi lokasi langsung Anda saat itu.

Berbagi lokasi langsung akan muncul dalam obrolan WhatsApp sebagai gambar kecil yang menunjukkan lokasi awal pengguna dan waktu 'Live Untill'. Mengetuk 'Melihat lokasi langsung' akan membawa Anda ke tampilan map tempat Anda dapat melihat lokasi terkini dari semua pengguna yang saat ini berbagi lokasi di chat tersebut. Anda dapat beralih ke tampilan Satelit / Terrain dari map jika Anda menginginkannya dan bahkan melihat data lalu lintas langsung yang kedengarannya cukup nyaman jika Anda menunggu seseorang.

Di bawah map Anda akan melihat nama pengguna yang sama dalam daftar tampilan dengan stempel waktu yang menunjukkan kesegaran data lokasi mereka. Anda dapat mengetuk nama pada daftar atau mengetuk gambar profil pada map untuk memperbesar lokasi pengguna tertentu di mana Anda juga akan melihat margin of error (misalnya "Accurate to 50 meters") untuk lokasinya. Anda dapat menekan tombol kecil (i) di samping pengguna untuk membuka pop-up yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan mereka menggunakan WhatsApp dengan berbagai cara. Baca juga: Step Demi Step Membuka Whatsapp Sendiri Yang Diblokir Teman.

Dalam grup WhatsApp, Anda dapat membuka info grup dan melihat semua pengguna yang berbagi lokasi mereka dengan grup pada saat itu. Ini akan sangat berguna dalam grup whatsapp yang sibuk, karena Anda tidak perlu menggulir ke atas dan mencoba menemukan pesan tempat pengguna pertama kali membagikan lokasinya.

Banyak yang berharap hal itu memberikan utilitas dalam skenario di mana orang-orang berkoordinasi dan bertemu di dunia nyata. Whatsapp memberi pengguna kontrol sehingga mereka dapat berhenti berbagi kapan saja dan berbagi lokasi langsung sama amannya dengan mengirim komunikasi lain di WhatsApp karena enkripsi end-to-end.

Dampak Berbagi Live Location di Whatsapp Terhadap Masa Pakai Baterai?

Pengguna WhatsApp yang secara aktif menggunakan fitur baru ini dapat memperburuk masa pakai baterai smartphone. Namun dari penjelasan tim IT Whatsapp menjelasakan bahwa ada beberapa teknisi yang sudah berusaha menghemat masa pakai baterai saat pengguna WhatsApp berbagi live location secara real time di Whatsapp.

Tidak hanya itu, pakar IT Whatsapp juga sudah mempertimbangkan berbagai macam faktor yang mempengaruhi update lokasi langsung di whatsapp. Jika sewaktu-waktu itu mengurangi masa pakai baterai di smartphone maka mereka akan terus berusaha mengoptimalkan fitur baru Whatsapp live location di Whatsapp secara real time.

Kapan Anda Dapat Menggunakan Berbagi Lokasi Langsung Secara Real Time di Whatsapp?

Berbagi lokasi langsung sekarang diluncurkan ke pengguna Android dan iOS dan akan "tersedia secara global dalam beberapa hari mendatang". Jika Anda menggunakan WhatsApp Web dan seseorang berbagi lokasi langsung dengan Anda, Anda akan ditunjukkan placeholder yang akan menunjukkan bahwa lokasi langsung dapat dilihat di telepon.

Fitur ini dipercaya akan dapat menemukan atau melacak posisi pengguna whatsapp secara real time dengan skala yang luas di antara pengguna WhatsApp yang jumlahnya sangat besar. WhatsApp memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap hari dan lebih dari 1,3 miliar pengguna aktif bulanan.

Harapannya dengan adanya fitur baru live location di whatsapp ini akan mempermudah bertemunya antara pengguna whatsapp dalam kehidupan nyata. Jadi tanpa harus adanya susah payah maka mereka akan segera tahu dimana posisi asli dari pengguna whatsapp.

Sekian paparan singkat mengenai cara melacak pengguna Whatsapp Secara Real Time. Semoga dengan penjelasan ini Anda kian paham bagaimana cara melacak posisi pengguna secara real time dengan fitur live location di Whatsapp. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Menggunakan Google Play Protect di Android 8.0 Oreo.