Perbandingan Spesifikasi iPhone X dengan iPhone 8

Perbandingan Spesifikasi iPhone X dengan iPhone 8 -- Apakah Anda ingin membeli iPhone generasi berikutnya tapi tidak yakin yang mana yang akan diupdate? Admin bisa mengerti permasalahanmu. Lihat saja sekilas tentang iPhone X, jelas iPhone terbaru ini menjadi sebuah upgrade yang luar biasa jika saat ini Anda masih menggunakan iPhone 6 atau 7 atau perangkat Android. Sedangkan iPhone 8 membawa beberapa fitur yang sangat mirip dengan iPhone X namun lebih rendah.

Perbandingan Spesifikasi iPhone X dengan iPhone 8

Berangkat dari hal itu, admin telah membandingkan spesifikasi dari masing-masing perangkat terbaru Apple di atas kertas sehingga Anda dapat memutuskan sendiri mana yang paling layak untuk Anda beli. Baca juga: Perbandingan iPhone X dan Galaxy Note 8.

Spesifikasi iPhone X dan iPhone 8, Mana yang Terbaik?

Jelas jika berbicara mengenai dua iPhone terbaru dari Apple ini tidak akan ada habisnya. Anda bisa melihat sekilas perbandingan iPhone X dan iPhone 8 seperti dibawah ini.

Desain

iPhone X: 143.6x70.9x7.7mm, 179g
iPhone 8: 138.4x67.3x7.3mm, 148 g

iPhone X cukup didesain ulang dibandingkan model iPhone terbaru, termasuk iPhone 8 baru. Meskipun layarnya lebih besar lebih dari satu inci, iPhone X hanya sedikit lebih tinggi dari pada iPhone 8 dan hampir tidak lebih lebar atau lebih tebal dan hanya 17 persen lebih berat, membuktikan mengapa penghapusan bezel bagian atas dan bawah pada iPhone X adalah masalah besar.

iPhone X membuat iPhone 8 terlihat gagal. Squash di layar yang lebih besar dari iPhone X, layarnya memiliki 'notch' besar di bagian atas untuk Face ID yang membuat tampilan foto dan video layar penuh tampak seperti sedikit aneh dan bagi mereka yang menyukai tombol Home khusus fisik, kurangnya sensor sidik jari Touch ID pada iPhone X bukan untuk semua orang.

Tapi hal-hal yang tampak lebih familiar adalah saat Anda membandingkan ujung belakang iPhone X dan iPhone 8. Kedua perangkat dipagari kaca belakang yang memungkinkan pengisian nirkabel untuk pertama kalinya serta ketahanan air dan debu IP67, fitur yang memungkinkan perendaman penuh sampai 1 meter air selama 30 menit.

Dari segi warna yang ditawarkan, iPhone X akan tersedia dengan warna Space Grey dan Silver, sedangkan iPhone 8 tersedia dalam tiga warna yaitu emas, perak dan hitam.

Display

iPhone X: 5.8 inchi Super Retina (2436x1125, 458ppi). Layar Edge-to-edge OLED
iPhone 8: 4.7 inchi Retina (750x1334, 326ppi) LED-backlit, Layar sentuh IPS LED

Tampilan iPhone X tidak hanya secara dramatis lebih besar namun keputusan untuk beralih ke teknologi layar OLED harus menawarkan rasio kontras yang jauh lebih besar daripada pada iPhone 8, yang menawarkan tampilan LCD IPS yang sama seperti yang terlihat pada generasi sebelumnya. Peningkatan resolusi dan kerapatan pixel dari iPhone X juga merupakan yang tertinggi yang pernah ada di iPhone, yang berada pada resolusi 2436x1125 dan 458ppi, yang meninggalkan jauh iPhone 8 yang hanya 750x1334 326ppi.

Namun, iPhone 8 setidaknya memanfaatkan teknologi TrueTone dari Apple, yang menyeimbangkan warna dengan cahaya sekitar untuk tingkat akurasi dan juga High Dynamic Range (HDR) yang lebih tinggi. Dan itu semua itu, ditampilkan di iPhone X.

Perangkat keras dan Penyimpanan

iPhone X: A11 Bionic CPU, RAM 3GB, penyimpanan 64GB atau 256GB
iPhone 8: A11 Bionic CPU, RAM 3GB, penyimpanan 64GB atau 256GB

Baik iPhone X dan iPhone 8 menghadirkan fitur baru Apple A11 Bionic CPU, hadir dengan GPU buatan Apple. CPU enam inti ini terbagi menjadi dua core berkinerja rendah dan empat core berkinerja tinggi, dengan core reguler lebih cepat 25 persen dari pada chip A10 sebelumnya, dan core berkinerja tinggi yang mencapai 75 persen lebih cepat dari pada A10 SoC.

Dari segi memori, iPhone X mengusung RAM 3GB sedangkan iPhone 8 hanya RAM 2GB, meski keduanya hadir dengan pilihan storage built-in 64GB atau 256GB.

Perangkat Lunak

iPhone X: iOS 11
iPhone 8: iOS 11

Baik iPhone X dan iPhone 8 akan mengusung iOS 11, menghadirkan beberapa fitur yang cukup apik. Tidak ada yang perlu dibandingkan di sini - didukung oleh chip yang sama - perangkat lunak harus menawarkan pengalaman yang sama pada kedua perangkat. Namun, iPhone X akan memulai debut beberapa fitur hanya tersedia di flagship yang mahal, seperti 'Face ID' dan isyarat baru untuk navigasi Home dan multitasking, dan pencahayaan potret dan mode selfie.

Kamera

iPhone X: Dual 12MP (f / 1.8 dan f / 2.4) dengan OIS, 7MP menghadap ke depan
iPhone 8: Single 12MP (f / 1.8, 28mm) dengan OIS, menghadap depan 7MP

iPhone X menganut setup kamera ganda yang serupa dengan yang diluncurkan pada iPhone 7 Plus. Namun, dua sensor 12MP telah ditingkatkan, dan sekarang dapat merekam video 4K hingga 60fps dan video slo-mo 1080p pada 240fps.

iPhone 8 bahkan tidak mendekati perbandingan, karena hanya memiliki satu kamera belakang 12MP pada aperture f / 1.8.

Di tempat lain, iPhone X dan iPhone 8 memiliki kamera self-face 7MP yang menghadap ke depan dengan aperture f / 2.2 dan tidak ada OIS.

Baterai

iPhone X: 21 jam dikutip waktu bicara, pengisian cepat, pengisian wireless
iPhone 8: 19 jam dikutip waktu bicara, pengisian cepat, pengisian wireless

Untuk semua perbaikan internal mereka, dari iPhone 8 yang mengecewakan adalah masa pakai baterai. Apple telah mengalami stagnasi dengan iPhone 6, iPhone 6S dan iPhone 7 yang semuanya memiliki stamina dan sejarah yang sama berulang saat Apple mengakui bahwa tidak ada peningkatan nyata antara iPhone 7 dan iPhone 8.

Sedangkan untuk iPhone X, Apple tetap tutup mulut dengan ukuran baterai dalamnya, namun mengatakan bahwa itu akan bertahan dua jam lebih lama dari iPhone 7 dan akan membuat Anda 21 jam waktu bicara.

Harga

iPhone X: Dari $ 999
iPhone 8: Dari $ 699

Meskipun memiliki daftar spesifikasi yang paling menjanjikan untuk sebuah iPhone, unggulan Apple yang akan datang juga diperkirakan akan menjadi yang termahal di Apple, dengan harga mulai dari $ 999 untuk model 64GB. Namun, iPhone 8 jauh lebih mudah diakses dari segi harga untuk opsi penyimpanan yang sama, tersedia seharga $ 300 kurang dari harga $ 700.

Demikianlah perbandingan spesifikasi iPhone X dengan iPhone 8. Semoga Anda bisa menentukan mana yang harus Anda beli karena keduanya memiliki spesifikasi yang mumpuni. Keduanya iPhone kelas premium dan tidak memiliki harga yang murah. Baca juga: Perbandingan iPhone 8 Plus dan iPhone 7 Plus.