Bagaimana Cara Memperbaiki Kinerja iOS 11 yang Buruk atau Lemot?

Bagaimana Cara Memperbaiki Kinerja iOS 11 yang Buruk atau Lemot? -- Jika iPhone, iPad, atau iPod touch Anda mulai membeku atau freeze, tertinggal, atau me-reboot setelah pembaruan iOS 11, admin telah memiliki beberapa solusi untuk Anda yang bisa dicoba sebelum membawa perangkat Anda ke Apple Store untuk pemeriksaan.


Pembaruan iOS 11 berjalan melalui proses beta yang panjang namun masalah yang terus berkelanjutan masih saja mengganggu instalasi iOS 11 hingga versi final. Daftar awal masalah iOS 11 termasuk berbagai bug dan masalah kinerja termasuk tersendat-sendat, penguncian aplikasi, reboot secara acak, jeda antarmuka pengguna, pembekuan, dan banyak lagi. Baca juga: Cara Downgrade iOS 11 ke iOS 10.

Masalah kinerja iOS sangat membuat frustrasi namun ada beberapa hal yang perlu dicoba sebelum Anda menyerah dan menghubungi dukungan pelanggan Apple. Beberapa dari Anda bahkan mungkin dapat memperbaiki masalah kinerja iOS 11 Anda dalam hitungan detik saja.

Panduan untuk memperbaiki kinerja iOS 11 yang buruk ini akan memberi Anda beberapa tips yang telah berhasil bagi Anda pada perangkat lunak iOS versi sebelumnya. Tidak ada jaminan bahwa mereka akan bekerja untuk Anda dan perangkat Anda namun layak dicoba jika Anda tidak tahan dengan kinerja iOS 11 di iPhone atau iPad Anda.

Restart Perangkat Anda

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah me-restart ponsel atau tablet Anda.

Ini mungkin tampak konyol tapi restart sederhana bisa membuat Anda kembali ke jalur semula. Turunkan perangkat Anda dengan menahan tombol daya, gesek untuk mematikannya, lalu nyalakan kembali.

Setel ulang Pengaturan Jaringan Anda

Jika Anda mengetahui kecepatan download yang lambat setelah menginstal iOS 11, coba setel ulang setelan jaringan perangkat Anda.

Masuk ke aplikasi Settings> General> Reset> Reset Network Settings. Ini akan membuatn perangkat Anda melupakan kata sandi Wi-Fi Anda, jadi pastikan Anda sudah terbiasa sebelum melakukan langkah ini.

Anda juga dapat mencoba menyetel ulang semua pengaturan perangkat dari menu yang sama. Cukup tekan Reset All Settings. Ini akan mengembalikan pengaturan perangkat Anda ke default pabriknya jadi, sekali lagi, pastikan Anda menuliskan kata sandi Wi-Fi tersebut.

Lakukan Beberapa Pembersihan

Jika Anda telah memiliki perangkat untuk sementara, mungkin Anda telah mengumpulkan semua jenis aplikasi, foto, dan video yang tidak Anda butuhkan lagi. Menyingkirkan kekacauan ini dapat meningkatkan kecepatan keseluruhan perangkat Anda.

Untuk memeriksa berapa banyak ruang yang Anda gunakan, masuk ke Setelan> Umum> Penyimpanan & Penggunaan iCloud dan pilih Kelola Penyimpanan.

Jika Anda kehabisan ruang di iPad atau iPhone, kembali ke General dan kemudian gulir ke bawah ke tempat yang dikatakan Penyimpanan iPhone atau Penyimpanan iPad jika Anda menggunakan tablet.

Pembaruan iOS 11 Apple memberi Anda tampilan yang sangat rinci tentang barang yang Anda simpan di perangkat Anda. Ini juga membuat beberapa rekomendasi berdasarkan pemanfaatan hard drive perangkat Anda. Anda mungkin ingin menerima saran dari Apple.

Perbarui Apps Anda

Jika aplikasi Anda mulai aktif pastikan mereka diperbarui.

Pengembang akan meluncurkan pembaruan dukungan iOS 11 dengan perbaikan bug dan perbaikan diberbagai hal. Jika Anda mulai mengalami masalah dengan aplikasi, Anda ingin melihat pembaruan ini.

Kunjungi App Store baru dan baca ulasan dari pengguna iOS 11. Jika sebagian besar bagus, sebaiknya pasang versi terbaru aplikasi di perangkat Anda.

Hentikan Unduhan Otomatis

Jika Anda mengalami masalah seiring dengan pembaruan aplikasi, fitur otomatis iOS dapat bermanfaat. Konon, arus pembaruan yang konstan dapat membuat perangkat Anda bekerja di latar belakang yang berpotensi menyebabkan kinerja buruk.

Jika Anda tidak memiliki masalah saat memperbarui aplikasi secara manual, setidaknya untuk sementara, coba nonaktifkan Unduhan Otomatis pada perangkat Anda.

Buka Pengaturan> iTunes & App Store. Begitu Anda berada di sana, Anda harus menonaktifkan Pembaruan yang ada di bagian Unduhan Otomatis. Anda juga bisa mematikan pilihan lainnya.

Nonaktifkan Widget

Widget bisa berguna tapi juga membuat perangkat keras perangkat Anda bekerja lebih ekstara. Menonaktifkan widget yang tidak lagi Anda perlukan dapat membantu meningkatkan kinerja iOS 11 di iPhone atau iPad Anda.

Saat Anda berada di layar awal, gesek ke kanan. Gulir ke bagian bawah daftar dan sentuh Edit. Ini berupa ikon melingkar kecil.

Pada layar berikutnya Anda harus melihat daftar panjang layanan dan aplikasi. Ini adalah widget aktif dan tidak aktif Anda. Untuk menonaktifkan widget pada perangkat Anda, sentuh lingkaran merah dengan garis putih dan sentuh Remove.

Anda dapat menghapus sebanyak yang Anda inginkan dan Anda dapat selalu membalikkannya kembali jika Anda tidak memperhatikan peningkatan kinerja perangkat Anda.

Hapus Cookie & Data Browser

Menghapus kuki dan data browser Anda akan membebaskan memori dan membantu mempercepat perangkat Anda.

Jika Anda menggunakan browser Safari Apple, masuk ke Settings> Safari> dan gulir ke bawah ke tempat yang tertulis Clear History and Website Data. Tekan itu

Mengetuk ini akan menghapus riwayat penjelajahan, kuki, dan data lainnya dari Safari. Riwayat juga akan dihapus dari perangkat yang masuk ke akun iCloud Anda. Jika Anda baik-baik saja dengan itu, ketuk Clear History and Data lagi.

Jika Anda menggunakan peramban Chrome Google di perangkat, Anda ingin masuk ke aplikasi itu sendiri dan ketuk tiga lingkaran vertikal di pojok kanan atas.

Setelah berada di sana, ketuk Setelan> Privasi> Hapus Data Perambanan. Anda sekarang dapat memilih apa yang ingin Anda hapus. Jika Anda memperhatikan kelambatan serius, Anda mungkin ingin memulai dengan segar.

Jika demikian, pilih semuanya (Anda akan melihat tanda centang di sebelah kanan setelah Anda melakukan ini) dan kemudian klik Clear Browsing Data.


Hentikan Penyegaran Latar Belakang

Aplikasi refresh secara otomatis berfungsi di latar belakang agar aplikasi Anda tetap diperbarui dengan data baru. Misalnya feed Facebook Anda akan terus diperbarui tanpa harus benar-benar membuka aplikasi.

Jika Anda tidak memerlukan aplikasi yang bekerja di latar belakang, coba Turning Background App Refresh off. Ini bisa membantu meningkatkan performa.

Masuk ke Settings> General> Background App Refresh dan toggle Background Refresh off. Ini akan mematikannya sepenuhnya.

Anda juga bisa menurunkan daftar aplikasi satu per satu dan membuat pilihan Anda berdasarkan kasus per kasus. Ini membosankan tapi ini adalah rute yang harus diambil jika Anda ingin agar fitur ini tetap hidup untuk aplikasi inti Anda.


Kurangi Animasi Anda

Jika Anda mulai melihat animasi aplikasi sudah tidak normal, cobalah mengencangkannya. iOS 11 memberikan rasa mendalam saat Anda memiringkan perangkat dan membuka dan menutup aplikasi Anda. Jika Anda meminimalkan fitur ini maka bisa meningkatkan performa.

Untuk mengurangi Motion Effects pada perangkat Anda, masuk ke Settings> General> Accessibility and toggle Reduce Motion on. Sebelum melakukannya, perhatikan bahwa mengurangi Motion Effects akan menonaktifkan beberapa fitur seperti efek gelembung di aplikasi Messages.

Anda juga ingin mengurangi efek transparansi dan blur. Untuk mengurangi transparansi, masuk ke Aksesibilitas> ketuk Increase Contrast lalu ketuk toggle untuk mengaktifkan fungsi Reduce Transparency.

Reset Awal atau Setel Ke Pengaturan Pabrik

Jika tidak ada tips yang membantu Anda, dan Anda tidak dapat menemukan perbaikan di tempat lain, Anda mungkin ingin memulai dengan reset pengaturan pabrik atau menyetel ulang ponsel atau tablet Anda ke awal.

Jika Anda tidak dapat membawa perangkat Anda ke dalam Apple Store, pengaturan ulang pabrik adalah opsi terakhir. Ini akan memakan waktu lama tapi bisa memperbaiki masalah kinerja Anda.

Sebelum menyetel ulang perangkat ke default pabrik, pastikan data penting Anda dicadangkan dengan benar melalui iTunes atau layanan iCloud Apple.

Jika semuanya dicadangkan dan bagus untuk digunakan dan Anda siap untuk papan tulis bersih, pergilah ke Setelan> Setel Ulang> Hapus Semua Konten dan Setelan agar proses dimulai.

Sekian penjelasan mengenaiu Cara Memperbaiki Kinerja iOS 11 yang Buruk atau Lemot. Semoga bermanfaat. Baca juga: 27 Tips dan Trik iOS 11 Agar Mudah Dipakai.