Bagaimana Cara Format Pesan Teks Italic, Bold, atau Strikethrough di Whatsapp?

Bagaimana Cara Format Pesan dengan Teks Italic, Bold, atau Strikethrough di Whatsapp -- Jutaan pengguna iPhone dan Android beralih ke WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan instan mereka. Aplikasi ini dilengkapi standar dengan banyak fitur hebat untuk perpesanan, panggilan, dan penjelajahan, dan itu bahkan tidak menyebutkan fakta bahwa ia memiliki basis pengguna yang lebih besar daripada layanan messenger lainnya di luar sana.


Salah satu fitur mengagumkan WhatsApp adalah kenyataan bahwa Anda dapat memformat teks saat Anda sedang mengirim pesan. Ini membantu Anda menekankan kata-kata atau ungkapan tertentu dengan membuatnya miring atau tebal, dan bahkan membiarkan Anda mencoret kata-kata. Ini adalah salah satu sentuhan bagus yang tidak tersedia di sebagian besar aplikasi perpesanan lainnya. Baca juga: Cara Mengatasi Whatsapp Kadaluarsa di Android.

Fitur ini tersedia untuk perangkat iOS dan Android, namun ada beberapa perbedaan di antara keduanya, jadi admin merinci proses pemformatan teks di WhatsApp pada kedua sistem operasi tersebut. Jadi, jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara menambahkan lebih banyak perubahan pada teks whatsapp Anda untuk menarik perhatian penerima pesan, admin akan menjelaskannya untuk Anda.

Cara Menulis Bold, Italics & Strikethrough (Android atau iOS) di Whatsapp

Untuk perangkat Android dan iOS, WhatsApp memungkinkan Anda memformat pesan dengan huruf miring, tebal, dan teks tercoreng hanya dengan mengetikkan karakter khusus sebelum dan sesudah teks dalam pesan Anda. Begini cara melakukannya:

Bagaimana Cara Format Pesan Teks Italic, Bold, atau Strikethrough di Whatsapp?
  1. Ketik garis bawah (_) di kedua sisi kata atau frasa untuk mencetak italic. Contoh: _word_. 
  2. Ketik tanda bintang (*) di kedua sisi kata atau frase untuk membuatnya menjadi bold. Contoh: * kata *. 
  3. Ketik tilde (~) di kedua sisi kata atau frasa untuk mencoret teks. Contoh: ~ kata ~.
WhatsApp untuk iOS tidak menampilkan pemformatan teks saat Anda mengetik, namun pesan muncul dalam status terformat saat dikirim. Pengguna Android akan mendapatkan live preview dari teks berformat saat mereka mengetik, yang membuatnya sedikit lebih mudah untuk melihat format mana yang paling sesuai.

Cara Menggunakan Menu Konteks & Monospacing (Khusus Android) di Whatsapp

Jika menggunakan perangkat Android, Anda memiliki opsi tambahan untuk memformat teks di WhatsApp. Jika Anda mengetikkan tiga aksen (`) pada kedua sisi kata atau frase, teks akan berubah menjadi font monospace yang menggunakan lebar tetap untuk semua karakter.

Selain opsi pemformatan manual ekstra ini, pengguna Android juga bisa memformat teks dengan menu konteks sederhana. Cukup tekan sebentar kata target Anda, lalu ketuk tombol tiga titik di sisi kanan menu yang muncul, dan Anda dapat memilih format teks dari daftar.

Bagaimana Cara Format Pesan Teks Italic, Bold, atau Strikethrough di Whatsapp?

Seperti yang bisa Anda lihat, memformat pesan teks sangat mudah di WhatsApp. Tapi sebelum Anda mulai mengetik semua pesan Anda dengan huruf tebal, miring dan garis tengan admin mau bertanya, apakah trik menulis pesan whatsapp kali ini sudah bisa digunakan. Jika iya, silahkan sampaikan di kolom komentar. Baca juga: Cara Mengirim Pesan Whatsapp dengan OK Google.