Sejarah Asal-Usul Keyboard QWERTY

Sejarah Asal-Usul Keyboard QWERTY -- QWERTY sepintas kamu pasti sudah kenal betul dengan susunan huruf yang terdiri dari 6 huruf ini. Ya, QWERTY umumnya dapat ditemukan pada tombol atau keyboard dari berbagai perangkat seperti Mesin Ketik, Keyboard Komputer, Keyboard PC/Laptop dan Smartphone.

Sejarah Asal-Usul Keyboard QWERTY

Pernahkah kamu berfikir kenapa susunan huruf Tersebut selalu terpampang di keyboard gadget masa kini? Kenapa kok tidak dibuat lebih mudah susunannya? Nah itulah tema kita hari ini, sesuai tema yang dibahas Gallery Tekno kali ini, saya akan menjelaskan Sejarah asal usul Keyboard QWERTY. Nah udahan yuk intro nya mari lanjut ke penjelasan sejarah asal-usul keyboard QWERTY. Baca juga: Game SNES Terbaik Sepanjang Masa.

Sejarah Asal-Usul Keyboard QWERTY

Semua bermula pada tahun 1860, saat itu keyboard pada mesin ketik memiliki susunan huruf sesuai alfabet dengan menempatkan huruf-huruf tersebut pada dua baris berurutan. pada masa itu keyboard tersebut terlihat masuk akal karena tersusun sesuai alfabet. Akan tetapi siapa kira ternyata hal tersebut menimbulkan masalah yang cukup berperngaruh pada mesin ketik. 'apa masalahnya?' hal tersebut mengakibatkan mesin ketik sering kali macet. 'kok bisa gitu sih?' karena mesin ketik saat itu menggunakan tuas dan per mekanik untuk mencetak huruf menggunakan tinta diatas kertas.

Nah gara-gara Mesin keyboard sering macet banyak sekali pekerjaan yang tertunda. Jadi, kita tidak kaget kalau orang pada saat itu mengeluh. Karena sempat bingung memikirkan solusi untuk mengatasi keyboard macet Christopher Latham mengambil inisiatif untuk mengacak-acak susunan keyboard tersebut. 'kenapa diacak?' tujuannya untuk mengurangi kesalahan mekanik sebelumnya.

Setelah 8 tahun berlalu, Christopher Latham Sholes menemukan kombinasi keyboard yang pas untuk mengatasi bugs mesin ketik tersebut. Kombinasi yang di ciptakan Christopher Latham Sholes adalah QWERTY yang populer digunakan saat ini. 100 tahun kemudian pada tahun 1973 susunan keyboard QWERTY resmi menjadi alat input resmi komputer standar internasional.

Sebenarnya ada susunan keyboard kompurter ISO selain QWERTY. Susunan keyboard komputer tersebut adalah DVORAK. DVORAK ditemukan oleh Dr. August Dvorak pada tahun tahun 1940. Berdasarkan penelitian pada saat itu DVORAK memungkinkan kita menulis lebih efisien. Untuk perbandingan QWERTY dan DVRAK kamu bisa melihat gambar dibawah ini.

Sejarah Asal-Usul Keyboard QWERTY

Bisa kamu lihat dengan menggunakan QWERTY tangan kiri kamu lebih dominan daripada tangan kanan berbanding miring dengan DVORAK yang memanjakan tangan kanan menjadi lebih dominan. Meskipun DVORAK bisa dikatakan lebih efisien tetapi QWERTY  lebih dipilih daripada DVORAK. Mungkin karena QWERTY lebih hadir terlebih dahulu, jadi banyak sekali perusahaan dunia yang memilih untuk menggunakan QWERTY.

Nah itulah sejarah Asal-usul keyboard QWERTY yang kalian gunakan saat ini. Seharusnya kalian berterimakasih pada Christopher Latham Sholes atas penemuan susunan keyboard QWERTY nya. 'kenapa harus berterimakasih?' karena kalau tidak ada keyboard QWERTY, entah kita akan menggunakan keyboard seperti apa.

Saya tutup dulu artikel sejarah Asal-usul keyboard QWERTY ini. Jangan lupa bantu share dan follow media sosial gallery teko karena akan banyak sekali materi menarik yang akan dibagikan selanjutnya. Baca juga: Daftar Versi Android Terbawah Hingga Tertinggi.